Dalam rangka meningkatkan ukhuwah di antara karyawan yang bernaung di bawah grup BTel-SCM, pada hari Selasa (31.08.2010) semua karyawan baik staff ataupun outsource Department Logistic dan Department Procurement mengadakan silaturrahmi sembari buka puasa bersama di Warehouse BTel-HO, Pancoran.  Sebuah acara tahunan grup BTel-SCM yang diselenggarakan untuk meningkatkan kekompakan sesama karyawan lintas divisi yang ada di grup Supply Chain Management.

Acara dimulai dengan pertunjukkan marawis dan ngobrol santai sesama karyawan. Ada yang spesial di acara buka puasa bersama kali ini, selain meningkatkan jalinan silaturrahmi di antara para karyawan, juga acara syukuran renovasi Warehouse Pancoran. Acara dikemas dalam suasana santai dan rasa kekeluargaan dan diiringi irama marawis. Warehouse Pancoran sendiri merupakan tempat penyimpanan stok voucher, SP dan handset Bakrie Telecom yang bernaung di bawah Department Warehouse dan  Logistik. Acara dihadiri oleh EVP BTel-SCM pak Ari Ahmad, VP Btel-SCM pak Agung Satya, seluruh  GM dan karyawan Procurement dan Warehouse.

Pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dibawakan oleh Salman dan Supri dari Bagian Voucher & SP Distribution menggaung di Warehouse Pancoran, mengingatkan kita untuk terus bersyukur dan mengingat kebesaran Illahi. Setelah pembacaan Al-Qur’an, hati kita kembali disirami dengan tausiyah oleh Ustadz Didi Sutardi yang berpesan agar umat Islam terus menjaga ukhuwah Islamiyah dan tidak tercerai berai, karena pada dasarnya agama Islam itu hanya satu dan sesama muslim adalah saudara bagi muslim lainnya. Ketika adzan maghrib berkumandang, karyawan menyegerakan diri untuk berbuka menyantap hidangan yang telah disediakan dan sholat maghrib berjamaah.

Acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari pak Ari Ahmad sebagai pimpinan grup SCM di Bakrie Telecom. Beliau menyampaikan bahwa ada perubahan yang lebih baik di Warehouse karena proses renovasi dan berharap perubahan ini bisa memberikan angin segar bagi lingkungan kerja sehingga memberikan semangat baru bagi karyawan.  Lalu dilanjutkan dengan kata sambutan dari pak Agung Satya yang berjanji bahwa acara ini akan dijadikan acara tahunan dan acara kebersamaan seperti ini akan diperbanyak demi meningkatkan kekompakan sesama karyawan SCM-BTel.

Ajang silaturrahmi ini juga digunakan sebagai pengumuman pemenang SCM Award 2009. SCM Award adalah sebuah apresiasi yang diberikan kepada staff yang telah memberikan kontribusi lebih kepada SCM baik secara inovasi ataupun inisiatif. Kriteria untuk SCM Award 2009 adalah: Inovasi yang dilakukan harus berdampak pada performa departmen-nya, Inovasi haruslah sesuatu yang baru atau improvisasi dari proses yang sudah ada, dan inisiatif harus berdampak pada kualitas pekerjaan karyawan tersebut. Ada 4 pemenang yang dipilih untuk SCM Award 2009 ini, mereka adalah:

Department Logistics & Warehouse

  1. Taufik

Secara proaktif banyak mengembangkan aplikasi in-house untuk warehouse, inventory dan distribusi : Handset SP, Wifone-Wimode (instead of menunggu aplikasi dari IT ataupun dikerjakan subcont).

Keuntungan:

  • Memperlancar operasional Warehouse (data share juga ke Sales)
  • Mempermudah Sales Channel; (user) memonitor detail produk di warehouse HO untuk alokasi
  • Inisialisasi menuju Warehouse Management System
  • Tidak tergantung bagian lain untuk pengembangan aplikasi,
  • Penghematan biaya operasional
  • Kustomisasi process sesuai aktual.

Selain attitude dan leadershipnya bagus bersama tim-nya (terutama inventory). Ada sesi sharing knowledge dengan para OS dan staff inventory lain untuk kaderisasi.

2. Alif Shokhibi

Mengembangkan aplikasi in-house untuk Card Prov meski masih dalam lingkup terbatas : aplikasi QC dan identifikasi chip RUIM (instead of menunggu aplikasi dari IT ataupun dikerjakan subcont).

Keuntungan:

  • memperlancar operasional produksi, database, proses QC produk, identifikasi produk return
  • Tidak tergantung bagian lain untuk pengembangan aplikasi,
  • Penghematan
  • Kustomisasi process sesuai aktual.

Department Procurement & Contract Management

  1. Endioreza Mahendra

Membuat aplikasi database billboard, yang dapat diakses oleh para user lain untuk mempercepat proses. Benefit :

  • Memberikan banyak alternatif ke user dalam memilih lokasi
  • Mengurangi kebutuhan untuk survey lapangan
  • User mendapatkan data terbaru sesuai dengan kondisi lapangan, tidak hanya data dari vendor
  • Membantu user dalam membuat perencanaan media placement (billboard)

2. Siti Fitriah Syahdini

Membuat kontrak untuk beberapa komoditi (Tools & Spare Part). Benefit :

  • Mengikat harga untuk jangka waktu tertentu sehingga fluktuasi harga bisa dikurangi
  • Membantu user mempercepat pengadaan
  • Efisiensi waktu dalam proses pengadaan

Selamat untuk para yang pemenang mendapatkan netbook dan hape Esia Online!  Semoga apresiasi SCM Award ini bisa memacu semangat FBC di grup SCM dan memberikan pengaruh perubahan lebih baik di lingkungan kerja masing-masing.

Maju terus BTel-SCM!

(Source from riky kurniawan)