Tgl 28 Februari 2010 kemarin akhirnya kesampean juga berwisata ke Taman Wisata Mekarsari  ( TWM ) atau yang biasa kita sebut Taman Buah Mekarsari . Awalnya ide liburan ke TWM tak pernah terpikirkan sebelumnya berawal dari saya dan keluarga ingin main / silaturahmi ke kerabat keluarga yaitu paman saya di Bekasi,  karena saya dan keluarga tidak memberitahukan akan kedatangan saya ke rumah paman ditengah perjalanan akhirnya saya pun menelpon, setelah ngobrol –ngobrol ternyata paman saya sedang menuju ke TWM bersama anak dan istrinya akhirnya tanpa pikir panjang saya langsung balik arah dan menuju ke TWM.

Perjalanan Menuju ke Taman Wisata Mekarsari

Kebetulan rumah saya di daerah Tg. Priuk untuk menuju ke TWM sangat mudah karena ada Akses jalan Tol Jakarta – Ciawi, naik dari Tol Bay Pass Plumpang terus menuju ke arah Bogor tapi jangan sampe keluar Bogor yah …🙂 , keluar pintu tol Cibubur trus ambil arah ke Jonggol atau Kota Wisata , kota Legenda pokonya lihat aja plang penunjuk jalannya mudah ko…  :)  pokonya kalo ngga salah waktu yang ditempuh  + 2,5 Jam.

Tiket dan Wisata

Untuk masuk ke TWM, setiap pengunjung harus membayar tiket masuk seharga Rp 18,000 per orang untuk usia diatas 2 tahun sudah kena tiket dewasa, sedangkan untuk Mobil dikenakan biaya Rp 10,000 per mobil, untuk Bis dikenakan Rp 20,000 per bis dan untuk motor dikenakan biaya Rp 3,000 per motor. Adapun untuk berkeliling melihat seluruh fasilitas kebun buah pengunjung bisa menggunakan kereta keliling dengan membayar  Rp 10,000 per orang pengunjung akan di hantar dengan berkeliling kebun buah dan akan berhenti di dekat danau yang dimana tak kalah menariknya lagi terdapat mainan atau wisata-wisata lainnya seperti Banana boat, perahu, Speed boat, Flying Fox dll, jika sudah puas bermain untuk melanjutkan perjalanannya kembali  para wisatawan dapat naik kereta keliling kembali tanpa musti mengeluarkan biaya tambahan lagi. Jika kebun buah yang di datangi sedang panen para pengunjung boleh membeli dengan memetik langsung buah di pohonnya, sementara jika sedang tidak panen atau lewat waktu panennya, pengunjung bisa membeli buah di Kios yang ada di kebun atau toko buah di areal Graha Krida Sari ( gedung pusat informasi ).

Belajar menanam

TWM juga menyediakan fasilitas belajar menanam bagi anak2. Anak2 akan diberi satu pot , media tanaman, alat –alat menanam dan jenis pohon yang akan ditanam. Dengan belajar menanam ini diharapkan akan tumbuh rasa cinta pada tanaman di dalam diri anak-anak, selain itu juga rasa tanggung jawab anak untuk selalu menyiram dan menjaga tanaman akan lebih terasa.

Kesimpulannya :

  1. Harga tiket masuk wisata terjangkau.
  2. Dapat  memperkenalkan nama2 buah ke anak2 kita ( wawasan tentang buah2an ).
  3. Dapat mengajarkan ke anak kita untuk peduli dan cinta lingkungan hidup.