Kemarin Ikut acara Workshop yang di adakan oleh ADOC – KADIN – CACCI yang bertempat di Hotel Shangri-la Ruang Ballroom,  workshop yang sangat menarik untuk di ikuti sebagai penambahan wawasan kita. Acara yang di gelar dari tgl 27 – 29 Oktober 2009 membuka Tema yaitu “E-Commerce : Innovative Way of Doing Business in the Global Market” dan sebagai pembicaranya antara lain adalah Prof.Dr.J.J Pan ( Phd, Technology Innovation Management Dep. National Cheng-Chi University ), Eugenia Ting ( MBA, Marketing, Dallas Baptist Unversity, Dallas TX,USA ), Tony Seno ( National Technology Officer. Microsoft Indonesia ) dan masih banyak lagi yang tidak bisa di sebutkan satu persatu.

Mhhh E-Commerce mendengar kata ini menjadi teringat kembali pada masa Zaman masih duduk dibangku kuliah yaitu tahun 2001 s/d 2005, E-Commerce adalah satu mata kuliah yang sempat saya ambil pada waktu itu kalau tidak salah 4 sks dan Alhamdulillah saya mendapat nilai A untuk mata kuliah tersebut… 🙂

Secara Umum E-Commerce singkatan dari Electronic Commerce, yang artinya adalah Sebagai proses transaksi jual beli secara elektronik melalui media Internet. Nah pada masa itu sekitar tahun 1990 s/d 2000 an masyarakat Indonesia sangat susah sekali untuk merubah Image yang tadinya belanja di pasar Tradisional menjadi pasar Modern seperti sekarang ini, di samping itu juga orang Indonesia terlalu “Kreatif” sehingga saking “kreatif”-nya orang Indonesia sampai-sampai Negara Indonesia di Black list oleh luar negeri…  :)  sehingga E-Commerce waktu itu sulit untuk tumbuh dan berkembang di Indonesia.

Namun semakin berkembangnya Zaman masyarakat Indonesia mau tidak mau harus mampu mengikuti  trend dan Moderenisasi. Sebagai mana kita tahu bahwa sekarang masyarakat Indonesia sudah mengenal Internet dan penggunaan internet di Indonesia sudah mencapai 25 juta orang ( sumber : http://www.antaranews.com/berita/1236097124/pengguna-internet-di-indonesia-meningkat ), bisa kita lihat pertumbuhan penggunaan internet semakin hari semakin besar nah tidak menutup kemungkinan bahwa E-Commerce akan tumbuh kembali di Indonesia. Kita lihat saja sekarang ini sudah ada pelaku-pelaku E-Commerce di Indonesia seperti  www.Bhinneka.com, www.glodokshop.com dan masih banyak lainnya lagi.

E-Commerce adalah perkembangan pasar modern yang akan menguasai pasar di Dunia, namun untuk di Indonesia sendiri masih terasa hambar ibarat Shop bumbunya masih kurang oke, karena ya itu tadi bahwa Culture masyarakat Indonesia dalam membeli suatu barang itu dia harus memegang barang yg akan di beli dan bukan hanya itu saja tapi rasa percaya orang  indonesia juga kurang contoh nya dalam satu kasus orang Indonesia sangat sulit apabila mereka belanja suruh membayar terlebih dahulu dan barang akan di kirim 2 atau 3 hari lagi, nah hal seperti ini lah yg masih di rasa kurang pas oleh masyarakat Indonesia karena takut mereka sudah mengirim atau mentransfer uang tapi barang yang ditunggu tidak kunjung datang nah rasa kurang percaya ini lah yang mungkin harus di perbaiki.