Berawal dari teman bermain dirumah sampai teman sekolah dari TK, SD hingga SLTP, dia adalah salah satu orang sahabat terdekatku,I Ketut Saras Gita nama-nya, dia adalah anak asli keturunan Bali. Dari kecil hingga menginjak usia 15 Tahun aku dan ketut selalu bermain bersama, dan menurutku dia adalah anak yang periang suka bergaul dan ramah dengan siapa saja.

tari-bali

Dari usia 5 tahun pada masa sekolah di Taman kanak-kanak ( TK ), Ketut sering memperlihatkan kesenian-kesenian dari daerah asal-nya salah satu-nya adalah tarian Bali. Memang Ketut yang asli keturunan dari Bali,walaupun dia tinggal di tengah-tengah kota Jakarta dimana budaya disini lebih kental dengan budaya Betawi tidak segan-segan atau tanpa perasaan malu dia memperkenalkan kesenian dan kebudayaan dari daerah asalnya, memang sudah terlihat dari kecil darah Seni sudah mengalir didalam dirinya. Hingga pada suatu hari ada perlombaan kebudayaan daerah yang di pentaskan di Taman Mini Indonesia Indah ( TMII ) dan TK kami pun di undang dalam acara pagelaran perlombaan tersebut, dan tanpa piker panjang Ketut pun mengajukan diri untuk mengikuti perlombaan tersebut.

Dan akhir-nya tanpa di sadari dan di suasana hari yang cerah Panitia perlombaan pun mengumumkan pemenang perlombaan kebudayaan daerah adalah I Ketut Saras Gita, dan spontan kami semua teriak kegirangan bahwa teman kami memenangi perlombaan kebudayaan tersebut. Akhirnya kami semua pulang dengan perasaan senang dan bangga.

bali_aagsobrat

Memang dalam adat Bali kita ketahui tari bali dapat di kategorikan 2 jenis :

  1. Tari Bali Sakral yaitu jenis tari bali yang hanya bisa dipentaskan pada waktu berlangsung suatu upacara dimana tarian tersebut merupakan rangkaian dari upacara tersebut.
  2. Tari Bali yang bisa dipentaskan sewaktu-waktu dan bertujuan untuk menghibur.

Tarian Bali penuh dengan simbol-simbol. Baik simbol dari kehidupan nyata maupun simbol kehidupan alam lain dan mimpi-mimpi. Hanya peradaban manusia yang mengerti arti simbol. Simbolisme yang digambarkan oleh para seniman tari Bali sangat komunikatif. Tidak hanya menghibur hati, tetapi dapat memberikan pedoman yang mudah dicerna tentang benar dan salah, tentang baik dan buruk. Tari-an bali tidak hanya menghubungkan nalar dan rasa antar manusia, tetapi juga menghubungkan alam sekala dan niskala manusia secara harmonis dan estetis.

Musik tradisional Bali memiliki kesamaan dengan musik tradisional di banyak daerah lainnya di Indonesia, misalnya dalam penggunaan Kendang dan berbagai alat musik tabuh lainnya. Misalkan kalo di Jawa itu ada Gamelan, Gong dll. Dan biasanya alat musik itu kalau di jawa tengah khususnya daerah Yogyakarta dan sekitarnya untuk mengiringi Ketoprak, Wayang orang atau pun Wayang kulit dan musiknya pun enak untuk di dengarkan. Meskipun demikian, terdapat kekhasan dalam tehnik memainkan dan gubahannya, misalnya dalam bentuk kecak, yaitu sebentuk nyanyian yang konon menirukan suara kera. Demikian pula beragam gamelan yang dimainkan pun memiliki keunikan. Salah satu tarian yang sangat populer bagi para wisatawan ialah Tari Kecak Bali adalah sebuah pulau di Indonesia, sekaligus menjadi salah satu provinsi Indonesia. Bali terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok. Ibukota provinsinya ialah Denpasar, yang terletak di bagian selatan pulau ini. Mayoritas penduduk Bali adalah pemeluk agama Hindu. Di dunia, Bali terkenal sebagai tujuan pariwisata dengan keunikan berbagai hasil seni-budayanya, khususnya bagi para wisatawan Jepang dan Australia dan Negara-negara lainnya.

Bali juga dikenal sebagai Pulau Dewata. Selain Ibu Kota bali yang terkenal yaitu Denpasar, di bali juga mempunyai Tempat-tempat penting lainnya adalah Ubud sebagai pusat seni terletak di Kabupaten Gianyar; sedangkan Kuta, Sanur, Seminyak, Jimbaran dan Nusa Dua adalah beberapa tempat yang menjadi tujuan pariwisata, baik wisata pantai maupun tempat peristirahatan.

Uluwatu, merupakan tempat wisata yang menawan. Apa yang menarik untuk dilihat di sini adalah pura yang berdiri kokoh di atas batu karang yang menjorok ke arah laut dengan ketinggian sekitar 50 meter. Di sore harinya sambil menikmati indahnya sunset, anda dapat menyaksikan pementasan tari bali yang terkenal hingga ke manca negara, tari Kecak. Selain itu kawasan pantai di Uluwatu dengan ombaknya yang cukup besar sangat menantang untuk pencinta olahraga surfing. Tiap tahun event berlevel internasional selalu diadakan di pantai seputaran Uluwatu ini.

Selain dari sektor pariwisata, penduduk Bali juga hidup dari pertanian dan perikanan. Sebagian juga memilih menjadi seniman. Bahasa yang digunakan di Bali adalah Bahasa Indonesia, Bali, dan Inggris khususnya bagi yang bekerja di sektor pariwisata. Bahasa Bali dan Bahasa Indonesia adalah bahasa yang paling luas pemakaiannya di Bali, dan sebagaimana penduduk Indonesia lainnya, sebagian besar masyarakat Bali adalah bilingual atau bahkan trilingual. Meskipun terdapat beberapa dialek dalam bahasa Bali, umumnya masyarakat Bali menggunakan sebentuk bahasa Bali pergaulan sebagai pilihan dalam berkomunikasi. Secara tradisi, penggunaan berbagai dialek bahasa Bali ditentukan berdasarkan sistem catur warna dalam agama Hindu Dharma, meskipun pelaksanaan tradisi tersebut cenderung berkurang.

Tetapi Apalah artinya keindahan alam, kesenian, Tradisi kalau tanpa ada yang melestarikannya, toh itu akan menjadi kesia-sia-an belaka, dan akan menjadi suatu kenangan yang hanya dapat di ingat saja tanpa ada pelestarian dan yang melakoninya. Indonesia adalah Negara yang besar, Negara dimana terdiri dari beberapa pulau, suku dan bangsa sehingga mempunyai kesenian yang banyak sekali dan tentunya ini menjadi keunikan tersendiri bagi Negara Indonesia yang kita cintai ini. Jangan sampai nanti anak cucu kita atau generasi kita yang akan datang tidak tahu akan kesenian dan keindahan yang dimiliki oleh tanah Air-nya sendiri. Seharusnya Indonesia bangga mempunyai anak bangsa yang mau membudidayakan budaya tradisional Indonesia.

Hidup Anak Bangsa, Tetap terus lestarikan kebudayaan tradisional, hidup Indonesia.