PPIC Game 2008 merupakan permainan yang dirancang menyerupai kondisi nyata produksi dimana masing masing tim terdiri dari 10 orang peserta yang masing – masing berposisi sebagai GBB (Gudang Bahan Baku), WS1(Workstation 1), WS2, WS3, Purchasing, Sales, GBJ (Gudang Bahan Jadi), Supplier, dan PPIC. Sebelum permainan dimulai, masing – masing tim akan diberi data peramalan permintaan dan time study, untuk dapat menyusun rencana produksi, menyusun aliran proses dan tata letak, menerapkan metode optimasi, dll. Sehingga akhirnya terbentuk sistem PPIC.

Dengan bermodalkan permintaan produk dan keadaan inventory pada saat permainan, tim peserta diharapkan mampu melaksanakan sistem PPIC-nya dengan mengupayakan tingkat inventory dan keterlambatan seminimum mungkin. Tim dengan laba terbesar adalah pemenang permainan ini.

Sebelum permainan dimulai, masing-masing tim akan diberi data peramalan permintaan dan time study, untuk dapat menyusun rencana produksi, menyusun aliran proses dan tata letak, menerapkan metode optimasi, dll. sehingga akhirnya terbentuk sistem PPIC.

Dengan bermodalkan permintaan produk dan keadaan inventory pada saat permainan, tim perserta diharapkan mampu melaksanakan sistem PPIC-nya dengan mengupayakan tingkat inventory dan keterlambatan (backorder) seminimum mungkin. Tim dengan laba terbesar adalah pemenang permainan ini. Mari bergabung dalam acara ini dengan menjadi tim peserta.

Beberapa kriteria penilaian kinerja produksi dalam permainan ini, yakni:

  1. Persediaan Akhir
  2. Back order
  3. Produk gagal
  4. Produk jadi terjual
  5. Pembelian dan pemesanan

 PPIC game bertujuan:

  1. Meningkatkan kemampuan peserta dalam penerapan PPIC di perusahaan.
  2. Mempercepat terjadinya knowledge and skill transfer di bidang produksi.
  3. Mempertajam strategi dari tim peserta dalam meningkatkan kinerja produksi.
  4. Sebagai sarana belajar sambil bermain dalam bidang produksI